50% Sisa Konsetrat Tembaga Freeport Dipasok ke Smelter Domestik

Inda Marlina   –   Selasa, 13 Agustus 2013, 18:59 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – PT Freeport Indonesia akan berkomitmen untuk memasok seluruh konsentrat tembaga ke smelter dalam negeri melalui penandatanganan nota kesepahaman bersama PT Indovasi Mineral dan PT Indosmelt.

Untuk kebutuhan konsentrat, Indovasi membutuhkan 800.000-900.000 ton untuk kapasitas 200.000 ton katoda tembaga. Adapun, Indosmelt membutuhkan 500.000 ton konsentrat untuk kapasitas 120.000 ton.

Presiden direktur Freeport Indonesia Rozik B. Soetjipto mengatakan jika kedua pabrik smelter dari dua investor telah terbangun, sisa separuh konsentrat yang pada mulanya diekspor akan dipasok ke dalam negeri.

“Kami baru melakukan langkah awal. Untuk langkah selanjutnya, kami terus berikan update proyeksi produksi yang mempunyai dampak ke industri pengolahan,” ujarnya saat pembukaan penandatanganan nota kesepahaman di Jakarta, Selasa (13/8/2013).

Dia menambahkan jika terdapat tiga pabrik pemurnian dan pengolahan itu ditambah dengan PT Smelting yang ada di Gresik, Jawa Timur maka total kapasitas produksi katoda tembaga sekitar 600.000 ton per tahun.

Rozik mengatakan sebelum adanya UU No.4/2009 tentang pertambangan mineral dan batubara, Freeport mengakui telah memenuhi perjanjian dari kontrak karya (KK). Hal itu diimplementasikan dengan pembangunan PT Smelting yang mengolah sekitar 40% katoda tembaga dari total produksi Freeport per tahun.

Editor : Sepudin Zuhri

http://www.bisnis.com/50-sisa-konsetrat-tembaga-freeport-dipasok-ke-smelter-domestik

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s