MINERAL – Freeport berharap bisa ekspor konsentrat 2014

Oleh Mimi Silvia – Rabu, 14 Agustus 2013 | 17:09 WIB

JAKARTA. PT Freeport Indonesia (PTFI) pada, Selasa (13/8) telah menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan PT Indosmelt dan PT Indovasi Mineral Indonesia untuk mendukung rencana perusahaan-perusahaan tersebut untuk membangun fasilitas pabrik peleburan konsentrat tembaga.

Presiden Direktur PTFI Rozik B. Soetjipto mengungkapkan, penandatanganan MoU ini merupakan langkah konkret dukungan PTFI atas kebijakan Pemerintah untuk proses hilirisasi industri berbasis sumberdaya mineral di Indonesia. “Freeport akan memasok 200.000 ton konsentrat tembaga per tahun untuk Indovasi, dan 100.000 ton per tahun untuk Indosmelt,” kata dia usai MoU, Selasa (13/8).

Dengan demikian, menurut Rozik, pihaknya kini akan memasok konsentrat ke tiga smelter. Selama ini, Freeport baru memasok konsentrat tembaga ke PT Smelting di Gresik sebanyak 300.000 ton per tahun atau 40% dari total produksi. Nantinya, smelter Indovasi akan berada di Gresik, sementara smelter Indosmelt di Sulawesi Selatan.

Kedua smelter tersebut diperkirakan baru beroperasi tahun 2017 mendatang, sementara tahun depan, pemerintah melarang Freeport dan perusahaan mineral lain mengekspor bijih. Rozik berharap ada dispensasi dari pemerintah untuk tahun depan supaya bisa tetap ekspor konsentrat. “Kalau tak ada dispensasi, pihak ketiga itu jawabannya susah. Kami akan mencoba membicarakan dengan pemerintah ke depannya bagaimana,” ujar dia.

Dede Suhendar, Direktur Pegusahaan Mineral Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan, bagi perusahaan pemegang kontrak karya tidak diwajibkan membangun smelter, namun bisa memasok ke smelter yang berada di dalam negeri.
Peluang dispensasi bagi Freeport kecil. Dede bilang, tahun 2014, pemerintah tetap melarang ekspor bijih. Kebijakan itu sudah realistis lantaran aturan sudah keluar sejak tahun 2009 lalu. “Jika tidak dilaksanakan, akan ada sanksi melekat di situ,” ujar dia.

http://industri.kontan.co.id/news/freeport-berharap-bisa-ekspor-konsentrat-2014

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s