Antam Mengantongi IUP Tambang Konawe Utara

Oleh Agustinus Beo Da Costa – Selasa, 20 Agustus 2013 | 07:20 WIB

JAKARTA. PT Aneka Tambang (Antam) Tbk akhirnya mengantongi izin usaha pertambangan (IUP) dari pemerintah Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, pekan lalu. Kesepakatan ini menandai kisruh tumpang tindih lahan IUP yang berlokasi di wilayah Tapunopaka dan Pulau Bahubulu, Kabupaten Konawe Utara.

IUP seluas 6.213 hektare tersebut rencananya akan menjadi bagian dari pengembangan proyek nickel pig iron (NIP). Tato Miraza, Direktur Utama Aneka Tambang mengatakan, pabrik nickel pig iron merupakan salah satu proyek pengembangan utama BUMN tambang ini.

Selain itu, proyek ini juga menjadi bagian dalam proyek Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) Koridor Sulawesi. Asal tahu saja, pada proyek NIP ini, Antam akan mengolah bijih nikel menjadi nickel pig iron atau feronikel kadar rendah.

Rencananya, kapasitas produksi pabrik ini sebesar 24.000 ton nikel dalam feronikel (TNi) per tahun. Kini, proyek tersebut masih dalam tahap evaluasi internal atas studi kelayakan yang sebelumnya telah selesai dibuat.

Produksi dan penjualan Antam sepanjang semester I-2013 meningkat. Penjualan emas ANTM, misalnya, naik 151% dibandingkan periode sama tahun lalu yang sebanyak 3.632 kilogram (kg). Penjualan feronikel juga naik 104% menjadi 13.757,76 TNi.

http://industri.kontan.co.id/news/antam-mengantongi-iup-tambang-konawe-utara/2013/08/20

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s