Usaha Pertambangan, Pemerintah Terbitkan Permen No.20/2013

Inda Marlina   –   Selasa, 20 Agustus 2013, 21:05 WIB

Bisnis.com, JAKARTA –  Hanya 5 bulan sebelum tenggat waktu pemberlakuan UU No.4/2009, pemerintah menetapkan revisi kedua Permen No.7/2012 menjadi Permen No.20/2013 pada 1 Agustus, dengan mengubah beberapa poin mengenai pembangunan pabrik pengolahan dan pemurnian serta syarat ekspor.

Permen yang baru terbit awal bulan tersebut mengubah dan menghapus beberapa pasal. Beleid itu juga mengubah lampiran mengenai kadar mineral yang bisa diekspor serta turunan komoditasnya.

Perubahan kedua dari Permen tersebut adalah pengubahan Pasal 8, terutama untuk ayat (2), ayat (3), dan ayat (4). Dalam peraturan yang baru, disebutkan bahwa jika pembangunan pengolahan dan pemurnian bijih tidak ekonomis, perusahaan tambang dapat melakukan kerja sama dengan pihak lain yang memiliki izin usaha pertambangan (IUP) operasi produksi, IUP khusus operasi produksi, atau IUP operasi produksi khusus untuk pengolahan dan/atau pemurnian.

Kerja sama tersebut dapat berupa jual beli bijih atau konsentrat.

Selain itu, kedua pihak juga diberi opsi kerja sama dalam kegiatan untuk melakukan proses pengolahan dan/atau pemurnian. Revisi kedua Permen ini memang diakui lambat oleh pemerintah.

Direktur Jenderal Mineral dan Batu bara Thamrin Sihite pernah mengatakan revisi tersebut memang lambat karena harus melihat dari berbagai stake holder termasuk kalangan akademis.

“Mungkin agak terlambat. Karena kita harus undang asosiasi, perusahaan, akademisi, dan lembaga penelitian,” ujarnya beberapa waktu.

Editor : Bambang Supriyanto

http://www.bisnis.com/usaha-pertambangan-pemerintah-terbitkan-permen-no202013

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s