Pemerintah Wajibkan Penggunaan Biodiesel

Lili Sunardi   –   Kamis, 29 Agustus 2013, 18:09 WIB

Bisnis.com, JAKARTA-Pemerintah secara resmi telah mewajibkan penggunaan 10% bahan bakar nabati di seluruh bahan bakar minyak jenis solar yang digunakan sektor transportasi, industri, dan pembangkitan listrik.

Susilo Siswoutomo, Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, mengatakan saat ini sudah ada Peraturan Menteri ESDM No 25/2013 yang menjadi perubahan terhadap Permen ESDM No 32/2008.

“Aturan baru mengatur sektor transportasi harus menggunakan BBN 10%, pencampurannya pun dilakukan Pertamina dan badan usaha lainnya. Sementara untuk biodiesel yang digunakan PLN, kami targetkan sampai 20%,” katanya di Jakarta, Kamis (29/8).

Susilo mengungkapkan targetnya pemanfaatan BBN pada September-Desember 2013 mampu mengurangi impor solar hingga 1,3 juta kiloliter. Kemudian pada 2014, diperkirakan mampu menghemat solar hingga 4,4 juta kiloliter.

Dia menjelaskan produksi BBN untuk biodiesel sejak Januari-Agustus 2013 mencapai 954.000 kiloliter, dengan tingkat serapan dalam negeri mencapai 462.000 kiloliter. Tahun lalu sendiri, produksi BBN untuk biodiesel mencapai 2,2 juta kiloliter, atau meningkat 400% dari produksi pada 2010 yang mencapai 500.000 kiloliter.

Saat ini, alokasi untuk pemanfaatan biodiesel untuk sektor transportasi bersubsidi sebesar Rp3.000 per liter, dan bioethanol Rp3.500 per liter.

Chrisna Damayanto, Direktur Pengolahan Pertamina, mengatakan perseroan sudah menyiapkan 5 kilang minyaknya untuk melakukan proses pencampuran fatty acid methyl ester (FAME) untuk menjadi biodiesel. Setiap harinya ditargetkan perseroan mampu mencampur 90.000 barel biodiesel per hari.

“Untuk melakukan pencampuran ini, kami memang menambah fasilitas baru di kilang yang sudah ada, tetapi tidak menambah investasi,” ungkapnya.

Selain itu, Pertamina juga sudah siap melakukan proses pencampuran di depot BBM besar, seperti Depo Tuban, Balongan, dan Medan.

Sementara itu, Direktur Utama PLN Nur Pamudji mengatakan pihaknya siap menyerap seluruh biodiesel yang ada di pasar dalam negeri. Apalagi, selama in mesin diesel milik perseroan mampu mengkonsumsi biodiesel dengan kadar FAME hingga 60%.

“Kami sekarang tergantung ketersediaan pasokan, selama ini PLN mengambil dari depo Pertamina. Kami akan mengambil berapapun yang tersedia,” jelasnya.

Editor : Martin Sihombing

http://www.bisnis.com/pemerintah-wajibkan-penggunaan-biodiesel

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s