Daerah Diimbau Permudah Izin Pembangkit Listrik

Lili Sunardi   –   Selasa, 10 September 2013, 17:54 WIB

Bisnis.com, JAKARTA-Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral meminta kepala daerah mempermudah izin pembangunan pembangkit listrik untuk mengantisipasi meningkatnya pertumbuhan konsumsi di daerah.

Menteri ESDM Jero Wacik mengatakan tingginya pertumbuhan konsumsi listrik mengakibatkan krisis listrik di sejumlah daerah. PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) pun terpaksa melakukan pemadaman listrik bergilir, seperti yang dilakukan di Sumatra Barat agar tetap mampu memasok listrik.

“Kami memang terus mengejar kebutuhan, penyaluran listrik dan pembangunan pembangkit untuk memenuhi kebutuhan listrik. Makanya saya meminta kepala daerah mempermudah proses izin pembangunan pembangkit listrik, karena masyarakat sangat butuh listrik,” katanya di Jakarta, Selasa (10/9).

Wacik mengungkapkan selama ini pemadaman bergilir hanya dilakukan jika terjadi gangguan teknis, dan kurangnya pasokan listrik. Untuk gangguan teknis sendiri, PLN selalu dapat mengatasinya dengan cepat. Sedangkan kalau kurang pasokan listrik, butuh waktu untuk membangun pembangkit baru.

Menurutnya, selama ini pembangunan pembangkit listrik baru selalu terkendala perizinan di pemerintah daerah. Di lain pihak, kebutuhan listrik terus tumbuh seiring tumbuhnya perekonomian dan daya beli kelompok masyarakat menengah.

“Meski membutuhkan pembangkit dengan cepat, saya tetap melarang PLN membangun pembangkit dengan BBM. Silakan optimalkan sumber energi baru dan terbarukan yang ada,” jelasnya.  (ra)

Editor : Rustam Agus

http://www.bisnis.com/daerah-diimbau-permudah-izin-pembangkit-listrik

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s