KEBIJAKAN IPO – Perusahaan sumber daya alam diminta untuk IPO

Oleh Hendra Gunawan – Senin, 09 September 2013 | 14:29 WIB

JAKARTA. Direktur Utama PT Danareksa Sekuritas (Persero), Marciano H. Herman, meminta pemerintah menerbitkan peraturan yang mewajibkan perusahaan yang terkait dengan pengolahan kekayaan sumber daya alam untuk melantai di lantai bursa.

“Sesuai amanat UUD, turunannya jelas bahwa semua aktivitas industri yang mengelola kandungan kekayaan alam, seharusnya wajib juga dimiliki oleh publik dan ini bisa dilakukan melalui mekanisme pasar modal,” kata  Marciano H. Herman di Jakarta, Senin (9/9/2013).

Untuk itu pemerintah perlu membuat aturan yang mewajibkan industri tersebut untuk listing di bursa. Marciano mengaku pernah membicarakan hal itu dengan beberapa Dirjen di Kemenko Perekomian.

“Misalnya, industri pertambangan dengan cadangan di atas 40 juta ton atau 100 juta ton harus melakukan IPO minimal 3 atau 5 tahun. Atau industri perkebunan dengan konsesi sawit di atas 150 hektare harus IPO, dan lainnya. Besaran IPO bisa menyesuaikan aturan IPO di bursa,” katanya.

Menurut Marciano, hingga saat ini pasar modal Indonesia masih dangkal baik dari sisi emiten dan investornya. Dan diharapkan aturan IPO ini akan menambah investor domestik.

Sebab, selama ini penetrasi pasar modal terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) masih di kisaran 20 persen. Jumlah ini jauh di bawah Singapura yang penetrasi pasar modalnya dua kali di atas PDB-nya.

“Jadi kalau semua perusahaan tambang yang besar-besar itu, baik milik asing atau lokal, listing 10 persen saja dari equity mereka ke bursa tentu pasar modal kita makin dalam. Investor kita pasti akan mengikuti dan ini kita harapkan akan bertumbuh,” katanya. (Tribunnews.com)

http://industri.kontan.co.id/news/perusahaan-sumber-daya-alam-diminta-untuk-ipo/2013/09/09

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s