Kadin: Aturan Relaksasi Ekspor Minerba Kurang Diapresiasi

Senin, 16 September 2013 | 16:22

JAKARTA- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyatakan, aturan yang akan merelaksasi ekspor minerba kurang mendapatkan apresiasi dari dunia usaha karena dinilai bakal mengorbankan kepentingan hilirisasi minerba.

“Kebijakan Kementerian ESDM dalam memberikan relaksasi dengan menggenjot ekspor minerba sebagai stimulus mempercepat pergerakan ekonomi nasional, kurang mendapatkan apresiasi positif dari kalangan dunia usaha,” kata Wakil Ketua Umum Kadin Bidang pemberdayaan daerah Natsir Mansyur, di Jakarta, Senin.

Menurut Natsir, pemerintah seharusnya tidak mengeluarkan kebijakan “jalan pintas” dengan melakukan relaksasi guna menggenjot ekspor. Hal tersebut, ujar dia, karena langkah tersebut dinilai kurang tepat baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. “Kami swasta memahami kesulitan pemerintah khususnya berkaitan dengan moneter, hanya saja jalan pintas menggenjot ekspor bahan mentah minerba itu kurang tepat dilakukan,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum Kadin Suryo Bambang Sulisto dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR RI di Jakarta, Rabu (28/8), mengatakan, Kadin menghendaki agar paket kebijakan ekonomi yang telah diumumkan pemerintah agar segera dapat dijalankan dengan konkret karena kondisi perekonomian dinilai sangat mencemaskan.

Ia menegaskan, pada prinsipnya kebijakan apa pun yang akan dilaksanakan pemerintah harus segera dilakukan dengan segera sebelum dampak negatifnya terlanjut lebih meluas. “Harus segera dilakukan, konkret dan hasilnya bisa dirasakan oleh masyarakat,” katanya. (gor/ant)

http://www.investor.co.id/energy/kadin-aturan-relaksasi-ekspor-minerba-kurang-diapresiasi/68932

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s