MPI: Kebijakan Ekspor Tambang Agar Dibatalkan

Oleh Euis Rita Hartati | Senin, 16 September 2013 | 12:29

JAKARTA – Masyarakat Pertambangan Indonesia (MPI) mengimbau pemerintah tidak menerapkan paket stimulus kebijakan ekspor di sektor pertambangan. Pasalnya, paket tersebut tidak mungkin dilakukan dalam jangka pendek (short term). MPI juga menilai kebijakan pengenaan bea keluar terhadap batubara tidak tepat.

“Kebijakan relaksasi dengan menggenjot ekspor dalam waktu pendek tidak tepat. Sebetulnya, apabila pemerintah menertibkan ekspor sektor ini dan mampu mengakumulasi dengan data yang jelas dan akurat, maka dalam waktu satu hingga dua tahun saja akan terlihat jelas potensi masuknya devisa dari sector ini,” kata Herman Afif Kusumo dari MPI di Jakarta, Minggu (15/9).

Dia mengatakan, pihaknya menyadari bahwa pemerintah tengah menghadapi masalah yang berkaitan dengan moneter. Namun, MPI berharap pemerintah ketika membuat/menyusun kebijakan soal pertambangan, ikut melibatkan para pemangku kepentingan (stakeholder) yang berkecimpung di sektor tersebut.

Tujuannya, agar berbagai kebijakan yang dikeluarkan dapat diimplementasikan dan dipatuhi dengan baik serta berkeadilan. Herman malah menyarankan pemerintah mengoptimalisasi manfaat langsung dari teknis transaksi letter of credit (L/C) pada bank BUMN dan menghilangkan praktik transfer pricing. Pemerintah juga disarankan mengefektifkan dan membimbing pelaku usaha mineral yang kredibel dan bertanggung jawab, agar tidak terjadi kerancuan yang berdampak pada aktifitas pertambangan yang berlebihan dan merusak lingkungan.

Baca selengkapnya di Investor Daily versi cetak di http://www.investor.co.id/pages/investordailyku/paidsubscription.php

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s