Komitmen KKKS Kembali Dipersoalkan, Terminasi Siap Diterapkan

Lili Sunardi   –   Selasa, 17 September 2013, 15:27 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah mengkaji komitmen kontraktor kontrak kerja sama yang diusulkan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Hulu Minyak dan Gas Bumi agar kontraknya diterminasi.

Saleh Abdurrahman, Juru Bicara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, mengatakan pihaknya harus melihat apakah KKKS telah memenuhi komitmennya dalam mengembangkan blok migas di dalam negeri.

Jika tidak dapat memenuhi komitmennya, pemerintah akan menterminasi kontrak pengembangan blok migas yang dimiliki perusahaan.

“Proses terminasi itu termasuk pengalihan data dan aset. Yang membuat proses ini agak lama adalah pengalihan aset, karena melibatkan SKK Migas, Kementerian Keuangan, dan Kementerian ESDM,” katanya di Jakarta, Selasa (17/9).

Saleh menuturkan data blok migas yang diperoleh KKKS akan diambil oleh pemerintah, untuk diolah kembali dan ditingkatkan nilai tambahnya. Setelah itu, pemerintah akan menawarkan kembali blok itu kepada kontraktor dengan data yang telah diperbarui.

Secara terpisah, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Edy Hermantoro pernah mengatakan telah menerima usulan 8 kontrak kerja sama yang harus diterminasi dari SKK Migas. Pihaknya pun masih mengevaluasi data pengeboran data seismik, dan peralatan yang digunakan di blok itu.

Menurutnya, pemerintah berniat terus memperbaiki data migas dengan melakukan survei seismik 2D, untuk mengurangi jumlah blok yang dikembalikan oleh KKKS. Kegiatan tersebut akan dilakukan oleh Badan Geologi dan Dirjen Migas sepanjang 9.000 kilometer, dan Ditjen Migas sepanjang 4.000 kilometer.

Editor : Bambang Supriyanto

http://www.bisnis.com/komitmen-kkks-kembali-dipersoalkan-terminasi-siap-diterapkan

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s