TARIF ROYALTI BATUBARA – Investasi kontraktor tambang bisa susut 50%

Oleh Muhammad Yazid, Agustinus Beo Da Costa – Selasa, 17 September 2013 | 09:45 WIB

JAKARTA. Harga jual batubara yang masih rendah membuat Asosiasi Jasa Pertambagan Indonesia (Aspindo) memproyeksikan investasi di sektor ini bakal susut 20% menjadi Rp 9,8 triliun dibandingkan dengan realisasi tahun sebelumnya. Bahkan, apabila kenaikan royalti dan bea keluar diterapkan tahun 2014 mendatang, pengusaha memperkirakan investasi pembelian alat berat untuk industri ini akan susut hingga mencapai 50%.

Bambang Tjahjono, Wakil Ketua Aspindo bilang, sekarang ini saja, dengan penurunan harga jual batubara, sudah banyak alat berat milik pengusaha yang belum sepenuhnya terpakai di industri tambang. “Kami perkirakan bisa lebih dari 50% penurunan investasi kalau royalti dan bea keluar diterapkan,” kata Bambang yang juga menjabat sebagai Direktur Pamapersada Nusantara, beberapa waktu lalu.

Karena itu, Bambang meminta pemerintah tidak buru-buru untuk menerapkan kebijakan tersebut. Menurutnya, kenaikan royalti untuk Izin Usaha Pertambangan (IUP) dan penarikan bea keluar seharusnya berlaku progresif, yakni dikenakan apabila harga batubara telah meningkat menjadi US$ 100 per ton.

Sementara itu, Yovie Priadi, Direktur Utama PT Cipta Kridatama menjelaskan, akibat masih rendahnya harga jual batubara, perusahaan batubara diminta oleh beberapa pemilik tambang untuk renegosiasi tarif jasa kontraktor. “Hal ini juga mendorong kami untuk melakukan efesiensi agar margin keuntungan masih bisa maintain,” imbuhnya.

Dirjen Minerba Kementerian ESDM Thamrin Sihite menyatakan, seluruh masukan pengusaha tambang maupun Aspindo hanya akan menjadi masukan bagi pemerintah dalam penerapan kebijakan di sektor minerba.

http://industri.kontan.co.id/news/investasi-kontraktor-tambang-bisa-susut-50/2013/09/17

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s