Perpanjangan Blok Masela, Pemerintah Harus Sesuai Aturan

Lili Sunardi   –   Rabu, 18 September 2013, 17:10 WIB

Bisnis.com, JAKARTA-Pemerintah harus tetap mengikuti Peraturan Pemerintah No 35/2004 dalam menanggapi permohonan perpanjangan kontrak Blok Masela yang dioperatori Inpex Masela Ltd.

Komaidi Notonegoro, pengamat energi dari ReforMiner Institute, mengatakan harus konsisten dengan regulasi yang ada dalam tata kelola minyak dan gas bumi di dalam negeri. Pasalnya, saat ini ada Peraturan Pemerintah No 35/2004 tentang Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi yang masih berlaku.

“Pemerintah harus konsisten dengan regulasi yang ada. Kecuali kalau sudah ada payung hukumnya, silakan [kontrak Blok Masela] diperpanjang,” katanya di Jakarta, Rabu (18/9).

Seperti diketahui, Inpex meminta kepastian perpanjangan kontrak di Blok Masela, karena persoalan keekonomian. Kontrak yang akan berakhir pada 2028 dianggap tidak ekonomis, karena proyek pengembangan di blok itu baru selesai 2018 atau 10 tahun sebelum kontrak berakhir.

Di sisi lain, pemerintah tidak mungkin melakukan perpanjangan kontrak itu, karena terbentur Peraturan Pemerintah (PP) No. 35/2004. Dalam Pasal 28 ayat (5) PP itu disebutkan permohonan perpanjangan kontrak hanya boleh dilakukan paling cepat 10 tahun dan paling lambat 2 tahun sebelum kontrak berakhir.

Komaidi menuturkan sikap tegas pemerintah itu akan memunculkan risiko kehilangan potensi penerimaan negara. Akan tetapi, pemerintah akan mendapat nilai lebih dari aspek nasionalisme jika tetap berpegang pada aturan yang berlaku.

Editor : Bambang Supriyanto

http://www.bisnis.com/perpanjangan-blok-masela-pemerintah-harus-sesuai-aturan

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s