Tata Cara Lelang WIUP & WIUPK Pada Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral Logam Dan Batubara

Untuk melaksanakan ketentuan Pasal 19 dan Pasal 61 Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Petambangan Mineral dan Batubara sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2012, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral menetapkan Peraturan Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral Nomor 28 TAHUN 2013 Tentang Tata Cara Lelang Wilayah Izin Usaha Pertambangan Dan Wilayah Izin Usaha Pertambangan Khusus Pada Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral Logam Dan Batubara. Berikut ringkasannya:

Definisi

  • Wilayah Izin Usaha Pertambangan (WIUP) adalah wilayah yang diberikan kepada pemegang Izin Usaha Pertambangan.
  • Wilayah Izin Usaha Pertambangan Khusus (WIUPK) adalah wilayah yang diberikan kepada pemegang Izin Usaha Pertambangan Khusus.

PENETAPAN WIUP DAN WIUPK

WIUP mineral logam dan WIUP batubara ditetapkan oleh Menteri setelah ditentukan oleh gubernur dan bupati/walikota berdasarkan kriteria sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Sebelum menentukan WIUP mineral logam dan WIUP batubara yang akan diusulkan kepada Menteri, Gubernur atau bupati/walikota sesuai dengan kewenangannya, wajib mengumumkan kepada masyarakat secara terbuka.

WIUPK mineral logam dan WIUPK batubara ditetapkan oleh Menteri berdasarkan kriteria sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Sebelum menetapkan WIUPK mineral logam dan WIUPK batubara Menteri wajib mengumumkan kepada masyarakat secara terbuka.

Dalam hal WIUP mineral logam, WIUP batubara, WIUPK mineral logam, dan WIUPK Eksplorasi batubara berada dalam kawasan hutan, penetapan WIUP mineral logam, WIUP batubara, WIUPK mineral logam, dan WIUPK batubara dilakukan setelah berkoordinasi dengan Kementerian Kehutanan.

Menteri menetapkan besaran harga kompensasi data informasi dan/atau total biaya pengganti investasi untuk WIUP dan WIUPK yang telah ditetapkan berdasarkan ketersediaan:

  1. sebaran formasi batuan pembawa mineralisasi logam atau batubara;
  2. data indikasi mineralisasi logam atau batubara;
  3. data potensi mineralisasi logam atau batubara;
  4. data cadangan minerallogam atau batubara; dan/atau
  5. sarana dan prasarana pendukung lainnya.

PEMBERIAN WIUPK SECARA PRIORITAS

Menteri menawarkan kepada BUMN dan BUMD dengan cara prioritas untuk mendapatkan WIUPK mineral logam atau WIUPK batubara setelah WIUPK mineral logam atau WIUPK batubara ditetapkan. Apabila terdapat lebih dari 1 (satu) BUMN dan/atau BUMD yang berminat, WIUPK mineral logam atau WIUPK batubara diberikan dengan cara Lelang. Dan Apabila tidak ada BUMN dan/atau BUMD yang berminat, WIUPK mineral logam atau WIUPK batubara ditawarkan kepada badan usaha swasta dengan cara lelang.

Lebih jauh, peraturan menteri ini mengatur tentang tata cara pelelangan wilayah izin usaha pertambangan atau wilayah izin usaha pertambangan khusus mineral logam dan batubara yang meliputi:

  • Persiapan Lelang
  • Pembentukan Panitia Lelang
  • Persyaratan Peserta Lelang
  • Prosedur Lelang
  • Dokumen Prakualifikasi
  • Dokumen Lelang
  • Pelaksanaan Lelang Wilayah Izin Usaha Pertambangan dan Wilayah Izin Usaha Pertambangan Khusus Eksplorasi
  • Evaluasi dan Penetapan Pemenang Lelang
  • Jaminan Kesungguhan Lelang

KETENTUAN PERALIHAN

Menteri, gubernur, dan bupati/walikota yang telah melaksanakan Lelang WIUP mineral logam, WIUP batubara, WIUPK mineral logam, atau WIUPK batubara dan telah menetapkan IUP Eksplorasi mineral logam, IUP Eksplorasi batubara, IUPK Eksplorasi mineral logam, atau IUPK Eksplorasi batubara kepada pemenang Lelang WIUP mineral logam, WIUP batubara, WIUPK mineral logam, atau WIUPK batubara sebelum berlakunya Peraturan Menteri ini, dianggap telah memenuhi ketentuan Lelang WIUP mineral logam, WIUP batubara, WIUPK mineral logam, atau WIUPK batubara dalam Peraturan Menteri ini dan IUP Eksplorasi mineral logam, IUP Eksplorasi batubara, IUPK Eksplorasi mineral logam, atau IUPK Eksplorasi batubara dinyatakan tetap berlaku sampai masa iZinnya berakhir

Peraturan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal 13 September 2013.

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s