Pemerintah Terus Kaji Pembangunan Kilang Arun

Lili Sunardi   –   Jum’at, 18 Oktober 2013, 16:26 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral terus kaji pembangunan kilang pengolahan bahan bakar minyak dengan kapasitas 300.000 barel per hari di Arun, Lhokseumawe, Aceh.

Susilo Siswoutomo, Wakil Menteri ESDM, mengatakan rencana pembangunan kilang minyak di Arun masih terus dilakukan. Saat ini, pemerintah melakukan kajian dan melihat kemungkinan yang bisa diambil untuk membangun kilang itu.

“Kami masih kaji rencana itu ,” katanya di Jakarta, Jumat (18/10/2013).

Selain di Arun, Susilo menuturkan pemerintah juga masih mengkaji kemungkinan untuk membangun kilang di lokasi berbeda, seperti di Bontang, Kalimantan Timur, dan Plaju di Sumatra Selatan.

Dengan begitu, imbuhnya, diharapkan pemerintah tidak lagi mengimpor BBM untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri.

Menurutnya, pembangunan kilang minyak yang ada di kompleks kilang gas alam cair (liquefied natural gas/LNG) di Blang Lancang, Arun itu akan menggunakan skema pembiayaan dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

Sebelumnya, Presiden Direktur PT Arun NGL Iqbal Hasan Saleh mengatakan pembangunan kilang minyak di Arun paling memungkinkan dibandingkan dengan rencana pembangunan di wilayah lain. Kilang itu bisa memanfaatkan lahan dan infrastruktur seperti pelabuhan yang memiliki kedalaman 40 meter dan jalan yang dimiliki perusahaan.

Selain itu, Arun memiliki lokasi yang strategis sebagai jalur perairan internasional, sehingga memudahkan masuknya minyak mentah untuk diolah di kilang. Kemudian, Aceh juga tidak terlalu jauh dari Singapura yang memiliki kilang minyak, sehingga bisa bersaing dengan kompetitif.

http://industri.bisnis.com/read/20131018/44/181740/pemerintah-terus-kaji-pembangunan-kilang-arun

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s