BPH Migas Nilai Open Accsess Hindari Monopoli

Senin, 21 Oktober 2013 | 10:58

JAKARTA – Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) menegaskan kebijakan penggunaan pipa gas secara terbuka atau open access akan menguntungkan seluruh pelaku industri migas. Selama ini distribusi gas dimonopoli satu perusahaan dan hanya menguntungkan perusahaan tranporter.

“Ini untuk menghindari monopoli, seperti yang selama ini terjadi,” kata Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Andy Noorsaman Sommeng di Jakarta, kemarin.

Andy mengatakan, kebijakan open access sudah sebaiknya dijalankan karena sesuai Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No 19/2009 tentang Kegiatan Usaha Gas Bumi Melalui Pipa. Aturan ini mengamanatkan, dalam melaksanakan kegiatan usaha niaga gas bumi melalui pipa, badan usaha wajib menggunakan pipa transmisi dan atau pipa distribusi yang tersedia dan dimanfaatkan bersama pada ruas transmisi dan atau wilayah jaringan distribusi tertentu.

Menurut Andy, lazimnya dalam dunia bisnis gas bumi, infrastruktur jaringan pipa gas kerap bersifat monopoli. Namun, dalam rangka membuat industri gas yang efisien, pipa yang termonopoli ini harus dibuka. Kondisi saat ini, kata dia, trader tidak hanya di hulu, tapi juga di hilir. “Ini sangat tidak efisien,” katanya.

Sementara itu, Sekjen Forum Pengguna Gas Bumi Rachmad Wijaya mengatakan dengan perekeonomian global yang rentan saat ini, industri nasional pengguna gas perlu menaikkan daya saingnya, khususnya untuk membantu target pemerintah menggenjot ekspor non-migas.

“Industri nasional hanya akan mampu bersaing apabila biaya komponen inputnya dapat ditekan, salah satunya adalah harga gas,” ujarnya.

Menurutnya, kebijakan open access dapat membantu menekan harga gas tersebut. Ia memberikan gambaran bahwa di Jawa Timur, industri pengguna gas dapat menikmati harga gas antara US$5,5-9 per mmbtu, sedangkan di Jawa Barat yang belum open access, harganya masih melambung sampai US$16 per mmbtu. “Bagaimana kita mau bersaing kalau harga gas begitu tinggi,” katanya. (es/ID)

http://www.investor.co.id/energy/bph-migas-nilai-open-accsess-hindari-monopoli/71040

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s