Pemerintah Akan Tunjuk Chevron Sebagai Pengelola Sementara Blok Siak

Lili Sunardi   –   Senin, 21 Oktober 2013, 17:36 WIB

Bisnis.com, JAKARTA–Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan menunjuk PT Chevron Pacific Indonesia sebagai pengelola sementara Blok Siak, sampai pemerintah memutuskan siapa yang akan mendapatkan kontrak kerja sama pengembangan blok itu.

Hendra Fadly, Direktur Hulu Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, mengatakan penunjukkan PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) itu hanya dilakukan jika pemerintah belum membuat keputusan hingga kontrak kerja sama blok siak habis. Masa kerja perusahaan itu pun hanya sampai pemerintah menunjuk kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) baru.

“Kalau kontraknya habis, tetapi pemerintah belum memutuskan. Maka akan ditunjuk operator yang sudah ada untuk tetap menjalankan produksi di blok itu,” katanya di Jakarta, Senin (21/10/2013).

Hendra menuturkan penunjukkan pengelola sementara Blok Siak dilakukan untuk menjaga produksi migas dari blok itu. Nantinya, Menteri ESDM tinggal mengeluarkan surat perintah yang dapat dijadikan sebagai landasan hukumnya.

Menurutnya, Kementerian ESDM harus memastikan keekonomian Blok Siak, dengan melakukan survei ulang dan pengumpulan data. Hal itu yang membuat pembahasan kontrak kerja sama blok itu lama dibahas oleh pemerintah.

Sementara itu, Presiden Direktur CPI Hamid Batubara mengatakan pihaknya masih menunggu keputusan pemerintah terkait Blok Siak. Perusahaan akan langsung mengembalikan blok itu jika tidak lagi ditunjuk sebagai pengelolanya.

Dia juga menegaskan akan menyerahkan keputusan pengelola sementara blok itu, jika pemerintah belum membuat keputusan sampai masa kontrak kerja sama habis. “Kami masih menunggu, itu terserah pemerintah,” ujarnya.

Dia juga membantah jika produksi migas di Blok Siak saat ini turun, karena tidak ada kepastian perpanjangan kontrak. CPI, lanjut Hamid, selalu berupaya memenuhi komitmen yang disepakati dalam program kerja dan anggaran (work program and budget/WP&B).

http://industri.bisnis.com/read/20131021/44/182117/pemerintah-akan-tunjuk-chevron-sebagai-pengelola-sementara-blok-siak

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s