KOMODITAS TAMBANG – Indonesia bisa jadi pemasok tambang dunia, asal..

Oleh Emma Ratna Fury – Senin, 28 Oktober 2013 | 18:56 WIB

JAKARTA. Para pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang Indonesia (Kadin) meminta pemerintah agar fokus pada lima komoditas untuk industri hulu. Kelima  komoditas tersebut yaitu tembaga, emas, besi, aluminium, dan nikel.

Dengan mengolah lima komoditas tersebut di dalam negeri, Indonesia akan menjadi pemasok terbesar ke berbagai negara. “Kalau lima komoditi industri hulu itu sukses, maka Indonesia akan menjadi negara terbesar, bukan hanya men-supply dalam negeri saja, tapi juga dunia,” kata Natsir Mansyur, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pemberdayaan Daerah Tertinggal dan Bulog  di Aryaduta Hotel Jakarta, Senin (28/10).

Salah satunya dengan menyukseskan pembangunan tiga pabrik tiga pabrik pemurnian bijih tembaga (smelter). Seperti diketahui bahwa PT Smelting akan mendirikan tiga pabrik smelter dan mendapat pasokan konsentrat dari PT Freeport dan PT Newmont.

Jika ketiga pabrik tersebut rampung di 2017, maka Indonesia dapat men-supply konsentrat tembaga sebesar 600.000 ton. “Maka kita akan menjadi supplier terbesar di dunia pada tahun 2017-2018”, imbuhnya.

Untuk mendirikan tiga smelter tersebut dibutuhkan investasi sekitar US$ 3 miliar. Saat ini investasi yang sudah dikeluarkan sekitar US$ 2 miliar. Menurut Natsir untuk harga konsentrat itu nantinya akan mengacu pada bursa London Metal Exchange (LME).

http://industri.kontan.co.id/news/indonesia-bisa-jadi-pemasok-tambang-dunia-asal/2013/10/28

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s