Penambangan Emas, Ini Pesan Menteri LH untuk PT Antam

Bambang Supriyanto   –   Rabu, 06 November 2013, 20:41 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya meminta PT Antam (persero) tidak sekadar mengejar keuntungan tetapi memperhatikan kelestarian lingkungan dan kesejahteraan warga sekitar lokasi pertambangan emas.

“Industri pertambangan harus memperhatikan aspek 3P yaitu People, Planet dan Profit. Mengingat lokasi tambang emas yang dekat dengan permukiman penduduk, maka Antam memiliki hubungan secara langsung terhadap masyarakat dan  lingkungan hidup sekitarnya,” ujarnya dalam keterangan pers, Rabu (6/11).

Dia menjelaskan perusahaan tidak boleh hanya memikirkan keuntungan semata tetapi harus mengembangkan kapasitas dan kesejahteraan masyarakat sekitar serta memastikan aspek lingkungan hidup di wilayah ini terkelola dengan baik.

Demikian permintaan Menteri LH saat berkunjung ke tambang emas PT Antam  (Persero) Tbk (ASX:ATM; IDX: ANTM; ANTAM) di unit Bisnis Pertambangan Emas (UBPE) Pongkor, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Senin (4/11).

Kunjungan itu terkait dengan implementasi dari UU No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Selain itu, mendorong inovasi dan penciptaan nilai dan keunggulan lingkungan.

“Untuk pengelolaan lingkungan, perusahaan tambang perlu memperhatikan pemanfaatan sumber daya alam, pemanfaatan limbah non B3, pengembangan masyarakat, dan pelestarian keanekaragaman hayati,” ungkap Balthasar.

Dalam Kunjungan Kerja tersebut, Menteri LH juga turut menanam pohon di Pusat Pengembangan Penelitian dan Pendidikan Pohon dan Tanaman Asli (P4TA) yang berlokasi di tambang emas Pongkor. Selain itu, Menteri LH juga melakukan pelepasliaran Elang Ular Bido (Spilornis Cheela) sebagai salah satu upaya mempertahankan keanekaragaman hayati di Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).

Elang Ular Bido (Spilornis Cheela) termasuk dalam daftar satwa yang dilindungi menurut Undang-Undang No. 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Hayati dan Ekosistemnya dan Peraturan Pemerintah (PP) No. 7 dan No. 8 Tahun 1999.

Direktur Operasi Antam menegaskan komitmen Antam dalam pelaksanaan good mining practices tidak hanya berorientasi pada keuntungan finansial, tetapi juga turut berpartisipasi dalam hal pengelolaan lingkungan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.

http://industri.bisnis.com/read/20131106/44/184909/penambangan-emas-ini-pesan-menteri-lh-untuk-pt-antam

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s