PEMBELIAN KEMBALI INALUM – Pemerintah dan NAA peroleh lima kesepakatan Inalum

Oleh Rr Dian Kusumo Hapsari – Rabu, 13 November 2013 | 16:09 WIB

JAKARTA. Pemerintah Indonesia dan Nippon Asahan Aluminium (NAA) Jepang telah memperoleh kesepakatan terkait penyelesaian proses pengambilalihan PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum). Salah satunya adalah dengan melakukan transfer saham.

Menko Perekonomian, Hatta Rajasa menjelaskan bahwa pada tanggal 12 November kemarin, negosiator dari Indonesia bertemu dengan pihak NAA Jepang di Singapura. Hasil pertemuan itu memperoleh lima kesepakatan untuk menyelesaikan proses pengambilalihan Inalum.

“Pertama kita sepakat untuk menyelesaikan proses pengambilalihan dengan transfer saham. Waktu di master agreement-nya kan yang disepakati itu transfer aset, nah ini saham,” kata Hatta Rabu (13/11) di JCC, Jakarta.

Dengan dilakukannya transfer saham, maka kedepannya tidak perlu dilakukan buka tutup, tetapi sudah 100% menjadi milik pemerintah Indonesia.

Kesepakatan yang kedua, “Secara profesional angkanya kan US$ 556 juta, sebelumnya nilainya kan US$ 558 juta sesuai dengan audit BPKP,” lanjutnya.

Sedangkan yagn ketiga adalah angka pembelian Inalum akan disetujui berdasarkan pada hasil post audit yang sedang dilakukan oleh BPKP.

Sedangkan yang keempat, jika post audit yang dilakukan BPKP lebih besar US$ 20 juta dari angka profesionalnya (diatas US$ 556 juta) atau lebih kecil dari itu, maka penyelesaian besaran harganya akan diselesaikan melalui jalur arbitrase,” ungkapnya.

Menurut hatta, hasil audit yang dilakukan oleh BPKP tersebut tidak akan sama dengan rentang harga yang telah disepakati. Yang tentu kemudian penyelesaian ini mau tidak mau akan dibawa ke tingkat arbitrase.

http://industri.kontan.co.id/news/pemerintah-dan-naa-peroleh-lima-kesepakatan-inalum/2013/11/13

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s