PEMBELIAN KEMBALI SAHAM INALUM – Pemerintah cari auditor independen untuk Inalum

Oleh Rr Dian Kusumo Hapsari – Kamis, 14 November 2013 | 13:04 WIB

JAKARTA. Menteri BUMN Dahlan Iskan, menyatakan bahwa pemerintah akan menunjuk badan independen baru untuk mengaudit nilai aset PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum).

“Dalam satu atau dua hari lagi, pemerintah akan menunjuk siapa badan yang dinilai independen untuk audit ini,” tutur Dahlan, Kamis (14/11).

Sebelumnya, pemerintah telah menunjuk Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk mengaudit Inalum. Namun hal ini di nilai tidak independen oleh PT Nippon Asahan Alumunium (NAA) Jepang.

Pasalnya BPKP merupakan badan auditor milik pemerintah Indonesia. Oleh karena itu, sesuai dangan kesepakatan kedua belah pihak, pemerintah akan menunjuk auditor baru yang dinilai independen bagi kedua belah pihak.

Dan hasil audit dari BPKP tidak akan di sinkronisasikan dengan hasil audit dari badan independen yang baru. “Hasil BPKP juga kan baru sampai Maret 2013, jadi engga akan disinkronkan. Hasil audit BPKP hanya untuk kita saja, tapi kalau untuk kesepakaan ya hasil dari audit independen yang ditunjuk kedua belah pihak,” jelas Dahlan.

Dalam satu hingga dua hari kedepan, pemerintah berjanji akan menentukan badan independen untuk melakukan audit tersebut. “Terserah pemerintah saja, mau badan independen asing atau darimana, pokoknya sesuai dengan kesepakatan keduanya,” imbuhnya.

http://industri.kontan.co.id/news/pemerintah-cari-auditor-independen-untuk-inalum/2013/11/14

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s