Blok Cepu, Perlu Biaya Tambahan Untuk Percepat Penyelesian Proyek

Lili Sunardi   –   Rabu, 20 November 2013, 16:22 WIB

Bisnis.com, JAKARTA–Perlu biaya tambahan untuk mempercepat penyelesaian proyek pengembangan Blok Cepu yang dijadwalkan mulai memproduksi minyak dan gas bumi pada Oktober tahun depan.

Gde Pradnyana, Sekretaris Satuan Kerja Khusus Pelaksana Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), mengatakan pengembangan Blok Cepu sudah terlambat 4 bulan sejak pertama kali dikerjakan. Pasalnya, pemerintah daerah saat itu belum memberikan izin mendirikan bangunan, sehingga proyek terlambat dikerjakan.

“Karena terlambat 4 bulan itu, kontraktor ngotot penyelesaiannya 36 bulan sejak mendapatkan izin, bukan sejak penandatanganan kontrak dilakukan,” katanya di Jakarta, Rabu (20/11/2013).

Pradnyana menuturkan dengan keterlambatan itu mengakibatkan perlunya upaya khusus agar Blok Cepu dapat berproduksi pada semester pertama 2014. Pihaknya pun harus menghitung apakah tambahan biaya untuk melaksanakan upaya khusus itu layak untuk produksi yang dihasilkan.

SKK Migas sendiri sudah memiliki tiga skenario lifting migas yang memperhitungkan produksi dari Blok Cepu. Pertama, lifting 2014 mencapai 900.000 barel per hari jika Cepu memproduksi 80.197 barel per hari pada Juni 2014, kemudian target lifting menjadi 880.000 barel per hari jika memproduksi 57.101 barel per hari pada Agustus 2014.

Selanjutnya, target lifting menjadi 860.000 barel per hari jika Mobil Cepu Ltd memproduksi 50.266 barel per hari pada Oktober 2014.

Menurutnya, SKK Migas akan melakukan pengawasan ketat terhadap pengerjaan proyek Cepu, untuk memastikan penyelesaiannya tepat waktu. Pihaknya pun tidak dapat langsung menyalahkan kontraktor, karena pengerjaan proyek yang lambat.

Editor : Ismail Fahmi

http://industri.bisnis.com/read/20131120/44/187694/blok-cepu-perlu-biaya-tambahan-untuk-percepat-penyelesian-proyek

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s