PEMERINTAH SIAP HADAPI GUGATAN – Ekspor Mineral Mentah Dilarang Per 12 Januari

Oleh Rangga Prakoso dan Retno Ayuningtyas | Jumat, 6 Desember 2013 | 9:35

JAKARTA – Pemerintah dengan dukungan Komisi VII DPR sepakat memberlakukan larangan ekspor mineral mentah terhitung sejak 12 Januari 2014, sesuai Undang-Undang No 4 tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara (Minerba). Pemerintah pun siap menghadapi risiko akibat kebijakan ini, mulai dari kemungkinan adanya tuntutan hukum dari perusahaan tambang hingga berkurangnya pendapatan negara sekitar US$ 4 miliar per tahun.

“Sembilan fraksi di Komisi VII semua sepakat meminta Menteri ESDM melaksanakan Undang-Undang Minerba secara konsekuen mulai 12 Januari 2014. Ini bagus bagi negeri. Itu juga yang saya kehendaki. Kalau didukung sembilan fraksi, saya tentu lebih tenang bekerjanya,” kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik yang ditemui usai rapat kerja dengan Komisi VII di Jakarta, Kamis (5/12).

Jero Wacik mengatakan, UU Minerba mengamanatkan produk pertambangan harus diproses lebih dahulu di dalam negeri sebelum diekspor. Semula, dalam rapat tersebut Jero mengajukan opsi pengecualian larangan ekspor. Dia minta pertimbangan ke DPR agar pemegang Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi Mineral dan Kontrak Karya masih diberi izin ekspor bijih dan konsentrat mineral dengan sejumlah persyaratan.

Syarat pertama, perusahaan telah mendapatkan persetujuan studi kelayakan pengolahan dan pemurnian (smelter) dari pemerintah sesuai kewenangan atau telah melakukan tahap lanjut seperti konstruksi dan commissioning. Syarat berikutnya, perusahaan telah menempatkan jaminan kesungguhan, mempunyai cadangan bijih yang cukup untuk pasokan pabrik, memenuhi kinerja pengelolaan lingkungan, menyampaikan jadwal penyelesaian pembangunan fasilitas, serta membayar bea keluar.

Baca selengkapnya di Investor Daily versi cetak di http://www.investor.co.id/pages/investordailyku/paidsubscription.php

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s