Kulonprogo Bakal ‘Dikepung’ Pertambangan

Anugerah Perkasa   –   Kamis, 12 Desember 2013, 11:41 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta akan ‘dikepung’ proyek-proyek pertambangan dan infrastruktur berskala besar sehingga mengakibatkan konversi lahan pertanian di wilayah tersebut di masa mendatang.

Salah satunya terjadi pada proyek pertambangan pasir besi. Sejak 2006 hingga kini, konflik masih berlangsung antara sebagian petani di lahan pesisir Kulonprogo dengan salah satu perusahaan pertambangan pasir besi. Perusahaan itu adalah PT Jogja Magasa Iron (JMI).

Pembangunan proyek-proyek berskala massif itu dipaparkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Kabupaten Kulonprogo periode 2005-2025. Di antaranya, akan terdapat pelbagai proyek di kabupaten tersebut macam  pertambangan, pembangunan jalan lintas selatan hingga bandara internasional. Potensi pertambangan di Kulonprogo tak hanya pasir besi, namun juga mencakup emas maupun mangaan.

Upaya perlawanan  terhadap rencana pertambangan pasir besi hingga kini masih dilakukan oleh Paguyuban Petani Lahan Pesisir (PPLP). Menurut PPLP, para petani di lahan tersebut memilih untuk bertani dibandingkan menerima pertambangan pasir besi.

“Walaupun ada sebagian yang menerima pertambangan pasir besi, tapi kami akan tetap bertani,” kata Widodo, salah seorang petani, beberapa waktu lalu. “Kami tetap menolak tambang pasir besi.”

Sektor pertanian Kulonprogo memberikan kontribusi yang besar terhadap ekonomi wilayah tersebut. Sejumlah tanaman yang diproduksi adalah tanaman pangan, sayur-sayuran dan buah-buahan.  Rencana proyek raksasa itu, demikian PPLP, akan mengubah lahan-lahan pertanian selama ini.

Editor : Martin Sihombing

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s